LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI TEKNIK AUDIO VIDEO
TAHUN 2011/2012
Disusun oleh :
ADITYA AGUS RAHMAN
NIS:5182
KELAS : XI-TAV
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan kegiatan kunjungan industry
program keahlian Teknik AUDIO VIDEOdisahkan pada :
Hari
:
Tanggal
:
Tempat
:
PURWOREJO, oct 2013
Waka
Hubungan
Industri Wali Kelas
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK PN 2 PURWOREJO
Nuril Haq Saifullah,SH
Nip.
196606202007011034
KATA PENGANTAR
Puji
syukur alhmdulillah kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa yang telah
senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah Nya,sehingga kami dapat menyusun
Laporan Kunjungan Industri Tahun Ajaran 2013/2014.
Laporan
ini disusun sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan Kunjungan industry
bagi siswa-siswi SMK PN2 PURWOREJO
Penyusunan
laporan ini dengan melihat dan memeperhatikan potensi dan mendapatkan informasi
dan wawasan selama di dunia industri untuk menyalurkan keahlian yang dimiliki
Kami
menyadari dalam penyusunan laporan ini, masih banyak terdapat kekeliruan dan
kekurangan untuk itu mohon kritik dan saran yang membangun dalam prbaikan
laporan dikemudian hari.
PURWOREJO, OCT 2013
DAFTAR ISI
Halaman
judul
…………………………………………………………… 1
Lembar
pengesahan
……………………………………………………………. 2
Kata
pengantar
…………………………………………………………… 3
BAB I
A.Latar belakang
………………………………………………………………... 5
B.Rumusan
masalah
………………………………………………………………. 5
BAB II.KUNJUNGAN KE TRANS TV………………………………………………. 6-9
BAB III.KUNJUNGAN KE
OVJ……………………………………………………… 9-11
BAB IV
A.Simpulan
....................................................................................................................... 11
B.Saran ………………………………………………………………………………….. 11
LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN
KUNJUNGAN INDUSTRI……………….. 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Seiring pesatnya perkembangan
teknologi,dunia pendidikan di tuntut untuk lebih menyongsong era
globalisasi.Dalam usaha peningkatan mutu pendidikan tersebut maka ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) hendaknya di serapi dengan keimanan dan
ketaqwaan.Ilmu yang di dapat dalam bangku sekolah dirasakan masih sangat kurang
sehingga di perlukan sebuah kunjungan ke prsahaan / industry yang bisa membantu
kami dan bisa kami jadikan perbandingan ketika kami menerima pelajaran di
sekolah.
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan inilah yang menyebabkan siswa siswi
SMK PN2 PURWOREJO mengadakan Kunjungan Industri.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah seperti yang telah di uraikan di atas,di
kemukakan beberapa masalah yang akan di pahami sebagai berikut :
1.Bagaimana perkembangan
teknologi/peralatan maupun mesin yang di gunakan oleh perusahaan/industri?
2.Bagaimana penerapan k3 oleh
industry apakah sudah sesuai dengan standart/sudah sesuai dengan ketentuan yang
diajarkan oleh bengku sekolah?
3.Bagaimana kiat-kiat agar karyawan
bekerja sesuai dengan situasi dan kondisinya masing-masing.
C.Tujuan Kegiatan
Tujuan pelaksanaan Kunjungan
Industri adalah sebagai berikut :
1.Agar siswa dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman.
2.Agar siswa memahami apa yang di
dapat di bangku sekolah dan kenyataan yang ada.
D.Manfaat Kegiatan
1.Bagi Siswa
a.menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman
b.terjalin hubungan yang lebih
erat antara SMK PN 2 PURWOREJO dengan perusahaan/industry sehingga memudahkan
akses lulusan untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang bersangkutan.
2.Bagi Perusahaan/Industri
a.usaha/industri diharapkan
mendapatkan inovasi sehingga perusahaan bisa lebih maju.
b.memudahkan perusahaan/industri
untuk mencari tenaga kerja yang berpendidikan dan berpengalaman.
BAB II
KUNJUNGAN KE TRANS TV
Nich sebernya tuga dari kampus tuk mencari Profil dan Sejarah tentang pertelevisian swasta ,setelah aku pilih - pilih dari sekian banyak Stasiun tv swasta aku memilih tv "TRANS TV" untuk jadikan bahan tugas sekarang aku share all abouth Trans tv ya.
Trans TV adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia mulai secara terrestrial area di Jakarta, yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung. Dengan motto "Milik Kita Bersama", konsep tayang stasiun ini
tidak banyak berbeda dengan stasiun swasta lainnya. Trans TV adalah anak
perusahaan PT Trans Corpora. Kantor Pusat stasiun ini berada di Studio
TransTV, Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan. Direktur Utama Trans TV saat ini adalah Wishnutama
SejarahLogo
Trans TV memperoleh izin
siaran didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998 Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun Relai TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang
presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudian pertama
mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri sejak tanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB Malam, TRANS TV memulai siaran
secara resmi.
Logo
Logo Trans TV berbentuk berlian, yang menandakan keindahan dan keabadian. Kilauannya mereflesikan kehidupan dan adat istiadat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia sebagai simbol pantulan kehidupan serta budaya masyarakat Indonesia. Huruf dari jenis serif, yang mencerminkan karakter abadi, klasik, namun akrab dan mudah dikenali.
Logo Trans TV berbentuk berlian, yang menandakan keindahan dan keabadian. Kilauannya mereflesikan kehidupan dan adat istiadat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia sebagai simbol pantulan kehidupan serta budaya masyarakat Indonesia. Huruf dari jenis serif, yang mencerminkan karakter abadi, klasik, namun akrab dan mudah dikenali.
Logo
Trans TV yang tampil saat sedang mengudara di layar Televisi
|
||
Visi :
Menjadi televisi terbaik di Indonesia maupun ASEAN, memberikan hasil usaha yang
positif bagi stakeholders, menyampaikan program-program berkualitas, berperilaku
berdasarkan nilai-nilai moral budaya kerja yang dapat diterima oleh stakeholders
serta mitra kerja, dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan
serta kecerdasan masyarakat.
Misi :
Wadah gagasan dan aspirasi masyarakat untuk mencerdaskan serta mensejahterakan
bangsa, memperkuat persatuan dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi.
Wadah gagasan dan aspirasi masyarakat untuk mencerdaskan serta mensejahterakan
bangsa, memperkuat persatuan dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi.
Management
Coverage
Area
Sejak
awal, pembangunan TRANS TV dirancang untuk bisa beroperasi menggunakan
teknologi digital penuh, mulai dari tahap pra produksi hingga tahap paska
produksi dan siaran on air. Tetapi karena sistem penyiaran di Indonesia
masih menggunakan sistem analog, maka output yang bersifat digital akan
diubah menjadi analog. Walaupun demikian, pemirsa TRANS TV akan menikmati
tayangan audio visual yang lebih jernih dan tajam. Kelak jika sistem penyiaran
di Indonesia sudah beralih ke sistem digital, TRANS TV hanya perlu memodifikasi
pemancar-pemancarnya saja.
Selain output yang lebih baik, teknologi digital juga menjadikan proses kerja dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Peran kaset (video tape) nyaris hilang, karena semua materi produksi mengalir dari satu server ke server komputer lainnya melalui jaringan kabel optik yang terpasang di seluruh gedung. Seluruh studio juga terintegrasi satu sama lain sehingga memungkinkan siaran yang simultan.
Selain output yang lebih baik, teknologi digital juga menjadikan proses kerja dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Peran kaset (video tape) nyaris hilang, karena semua materi produksi mengalir dari satu server ke server komputer lainnya melalui jaringan kabel optik yang terpasang di seluruh gedung. Seluruh studio juga terintegrasi satu sama lain sehingga memungkinkan siaran yang simultan.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
Acara TV : Awal Mula Opera Van Java Trans 7, Biodata pemain
Opera Van Java
Bermula dari tayang seminggu sekali,
lalu meningkat seminggu dua kali, kini program komedi Opera Van Java (OVJ)
muncul lima kali dalam sepekan. Itu menandakan acara milik Trans7 tersebut
makin digemari pemirsa. Seperti apa pembuatan tayangan yang mengandalkan
kepiawaian melucu Parto, Sule, Azis Gagap, Nunung, juga Andre Taulany itu?
Yang suka nonton OVJ pasti kenal
dengan pantun ini. “Di sana gunung, di sini gunung, di tengahnya Pulau Jawa.
Wayangnya bingung, lha dalah dalangnya juga bingung, yang penting bisa ketawa.
Ketemu lagi di Opera Van Java. Yaa… Eeee…!”
Pantun khas tersebut selalu
diucapkan oleh Ki Dalang Parto ketika mengawali pertunjukan. Setelah itu,
keluarlah suara merdu sinden cantik yang membawakan lagu-lagu masa kini
diiringi musik gendang dan gamelan.
Kamis lalu (8/4), Jawa Pos
bertandang ke Studio Guet di daerah Pancoran. Di studio tersebut, tayangan OVJ
dibuat. Mengenakan beskap berwarna biru, Parto memulai pertunjukan seperti
wayang orang Jawa tersebut. Waktu itu mereka memainkan cerita berjudul kimpoi
Kontrak. Ketika pengambilan gambar, di dalam studio banyak penonton yang
sengaja datang untuk melihat secara langsung.
Syuting OVJ dilakukan seminggu tiga
kali, Selasa sampai Kamis. Mulai siang sampai tengah malam. Setiap kali
syuting, mereka memproduksi tiga cerita. Kamis itu, menurut jadwal, syuting
dimulai pukul 12.00 WIB. Tapi, sampai waktu yang ditentukan, syuting belum
dimulai. Pendukung acara belum datang semua. “Itu kan syuting terakhir. Jadi,
wajar kalau sedikit telat. Soalnya, syuting kemarin (Rabu, 7/4) sampai malam,”
tutur salah seorang kru
Sambil menunggu, Jawa Pos melihat
ruang brifing dan kostum. Ternyata, para artis dan kru berebut jam tangan
plastik. Ada Andre, Sule, Azis, dan beberapa kru. Rupanya, salah seorang kru
membawa satu tas jam tangan plastik berbentuk robot untuk dijual. “Ya begini
ini keadaannya. Nggak artis, nggak kru, sama saja kacaunya,” ucap Bremoro
Kunto, asisten produser OVJ.
Syuting hari itu molor, sekitar
pukul 15.00 WIB baru dimulai. Beberapa menit sebelum syuting, para artis
membaca naskah cerita yang akan mereka mainkan. Bukan skenario utuh, hanya
garis besarnya. Menurut Sule, mereka hanya perlu baca sebentar naskah tersebut,
setelah itu semuanya mengalir begitu saja. “Baca naskah ya pas begini ini. Baca
sebentar, saya jadi apa di sini. Misal, saya jadi pemuda. Ya pemuda yang lagi
ngapain. Soalnya, nanti ada Mas Parto yang jadi dalang.Jadi, dia lebih tahu
ceritanya,” katanya.
Di OVJ, para pemain memang
dibebaskan berimprovisasi. “Misalnya, awalnya jadi tukang dagang, setelah itu
jadi tukang lain. Bebas. Yang penting tahu benang merahnya. Jadi, bisa tek tok
dengan dalang. Kalau dalang nyuruh, kami sudah hafal,” ucap Sule.
Karena diberi kebebasan itu, Parto, Sule, Azis, Andre, maupun Nunung sering ngelantur ke mana-mana. Bremoro mengatakan, salah satu kekuatan OVJ memang itu.
Karena diberi kebebasan itu, Parto, Sule, Azis, Andre, maupun Nunung sering ngelantur ke mana-mana. Bremoro mengatakan, salah satu kekuatan OVJ memang itu.
Kebebasan. “Sudah biasa deh, durasi
tayang satu jam, syuting sampai berjam-jam. Jalan ceritanya sampai ke mana-mana.
Lawakan mereka juga sudah nggak keruan. Nggak masalah sih. Memang kami
membiarkan mereka. Terserah deh mau ngapain. Mau berapa lama di atas panggung
juga terserah. Yang penting, kami kasih tahu. Woi, sudah sepuluh menit. Woi,
sudah 20 menit. Gitu saja,” tutur Bremoro.
Justru lanturan para pelawak itu menguntungkan kru. Sebab, saat pengeditan, ada lebih banyak pilihan. Makin lama dibiarkan, tingkah lima sekawan tersebut makin aneh-aneh. “Kami yang ngedit kan jadi enak. Oh, yang ini lucu, ini juga, jadikan satu,” lanjut dia.
Justru lanturan para pelawak itu menguntungkan kru. Sebab, saat pengeditan, ada lebih banyak pilihan. Makin lama dibiarkan, tingkah lima sekawan tersebut makin aneh-aneh. “Kami yang ngedit kan jadi enak. Oh, yang ini lucu, ini juga, jadikan satu,” lanjut dia.
Bremoro menjelaskan, para komedian
tersebut memang memiliki talenta alami dalam melawak.
“Mereka, mau di panggung ataupun keseharian, sama saja. Kalau saya bilang, mereka bukan kategori orang lucu lagi, melainkan orang stres,” papar dia lantas terbahak. Melihat para komedian tersebut mengobrol pun, terang dia, bisa mengundang tawa. Sebab, mereka sering membicarakan hal yang tidak penting, tapi membahasnya dengan serius.
“Mereka, mau di panggung ataupun keseharian, sama saja. Kalau saya bilang, mereka bukan kategori orang lucu lagi, melainkan orang stres,” papar dia lantas terbahak. Melihat para komedian tersebut mengobrol pun, terang dia, bisa mengundang tawa. Sebab, mereka sering membicarakan hal yang tidak penting, tapi membahasnya dengan serius.
“Pokoknya, dari sononya memang sudah
lucu orang-orang itu,” lanjutnya.
Mereka juga punya keunikan
sendiri-sendiri di lokasi syuting. Jika dibandingkan dengan yang lain, Parto
terkesan lebih anteng. Tapi, celotehan dia paling sering membuat orang tertawa.
Sementara itu, Sule adalah personel OVJ yang paling lincah dan energik. “Kalau
Azis, gimana ya? Dia absurd banget. Paling aneh lah. Tiba-tiba ramai, bentar
kemudian dia menyendiri di pojok,” imbuh Bremoro lantas tertawa. Sedangkan
Andre dikenal sebagai orang yang sangat ceria. Sepertinya, tak pernah ada beban
pada hidupnya. Tapi, Andre sering terlambat datang ke lokasi syuting. “Dia
paling ceria, tapi juga paling suka telat,” tegasnya.
1. Parto ( Dalang )
mempunyai nama asli Eddy Supono yang lahir di Jakarta 17 April 1961, merupakan anggota dari group lawak Patrio
2. Sule
Mempunyai nama asli Entis Sutisna asli orang sunda, mulai dikenal saat ia mengikuti acara pencarian pelawak yang di tayangkan di stasiun tv swasta
3. Andre
mempunyai nama asli Andre Taulany lahir di Jakarta 17 September 1974 dikenal saat menjadi vokalis band stinky
4. Azis Gagap
Mempunyai nama asli Muhammad Azis lahir di Jakarta 22 Desember 1973, memiliki karakter seorang yang gagap dan sering menjadi bulan bulanan di OVJ
5. Nunung
Memiliki nama asli Tri Retno Prayudati lahir di Solo 5 April 1964, dikenal saat menjadi pelawak di group lawak Srimulat, dan sering di gosipkan sedang dekat dengan Azis Gagap, dan pernah menikah 3 kali.
mempunyai nama asli Eddy Supono yang lahir di Jakarta 17 April 1961, merupakan anggota dari group lawak Patrio
2. Sule
Mempunyai nama asli Entis Sutisna asli orang sunda, mulai dikenal saat ia mengikuti acara pencarian pelawak yang di tayangkan di stasiun tv swasta
3. Andre
mempunyai nama asli Andre Taulany lahir di Jakarta 17 September 1974 dikenal saat menjadi vokalis band stinky
4. Azis Gagap
Mempunyai nama asli Muhammad Azis lahir di Jakarta 22 Desember 1973, memiliki karakter seorang yang gagap dan sering menjadi bulan bulanan di OVJ
5. Nunung
Memiliki nama asli Tri Retno Prayudati lahir di Solo 5 April 1964, dikenal saat menjadi pelawak di group lawak Srimulat, dan sering di gosipkan sedang dekat dengan Azis Gagap, dan pernah menikah 3 kali.
BAB IV
PENUTUP
A.SIMPULAN
1.kesehatan dan keselamatan kerja
merupakan factor yang harus di perhatikan dalam industri agar tidak terjadi
kecelakaan dan penyakit kerja.
2.Mengembangkan ilmu yang di dapat
di bangku sekolah sesuai dengan jurusan masing-masing
3.SMK mencetak generasi yang siap
pakai sesuai dengan bidangnya.
B.Saran
Sebelum melaksanakan kunjungan industry hendaknya siswa mengetahui beberapa hal
penting tentang obyek yang akan dikunjungi.misal mempersiapkan pertanyan yang
akan ditanyakan di dalam sebuah perusahaan yang akan di kunjungi
Selanjutnya untuk menjalin kemitraan yang baik antara Perusahaan dengan Jurusan
Teknik AUDIO VIDEO perlu komunikasi yang baik antara sekolah dengan perusahaan
yang akan di tuju, sehingga akan memudahkan siswa-siswinya setelah lulus nanti.
LAMPIRAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Best online casino - Casinoworld
BalasHapus› casino › casino Best online casino - Casinoworld · 1. CasinoMGM - Best for Slots · 2. Bovada - Best for Live Casino 코인카지노 먹튀 · 3. CasinoEuro – Best for Table Games · 4. Playtech - Best for Live Poker · 5.